Aktivitas penyuluhan/pelatihan pemasaran dan pelatihan digital marketing yang diselenggarakan pada hari Minggu, 28 Agustus 2022 di Pusdakota Universitas Surabaya (UBAYA) merupakan aktivitas lanjutan dari pelaksanaan program PkM UBAYA. Program PkM UBAYA tersebut adalah implementasi dari perolehan dana hibah Program Pengabdian kepada Masyarakat yang diselenggarakan oleh Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DRTPM) tahun 2022. Peserta kegiatan penyuluhan dan pelatihan digital marketing adalah ibu-ibu penggiat PKK dari RW 06 Kecamatan Rungkut Surabaya, tidak jauh dari lokasi kampus UBAYA.
Penyuluhan dan pelatihan tersebut menggunakan dua narasumber dari Jurusan Manajemen FBE UBAYA yaitu Dra.ec. Indarini, M.M., CPM. (Asia), CMA (USA) dan Muhammad Izharuddin, S.M., MBA. Ketua pelaksana pada program PkM Ubaya adalah apt. Alfian Hendra K., M.Farm. dari Fakultas Farmasi UBAYA. Anggota tim pelaksana dari program PkM ini terdiri dari 2 Dosen Ubaya, yaitu Dra.ec. Indarini, M.M., CPM (Asia)., CMA (USA) dari Fakultas Bisnis dan Ekonomika dan apt. Vendra Setiawan, S.Farm., M.Farm. dari Fakultas Farmasi.
Kegiatan ini juga melibatkan mahasiswa dalam rangka mendukung program MBKM. Materi penyuluhan yang diberikan pada penyuluhan dan pelatihan tersebut meliputi pemahaman tentang pemasaran dan proses kegiatan pemasaran yang meliputi: pengenalan kebutuhan dan keinginan calon pelanggan, menentukan strategi pemasaran, menyusun program pemasaran serta membangun hubungan baik dengan pelanggan agar dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. Selain itu, Ibu Ibu PKK RW 06 tersebut juga diajarkan tentang bagaimana membuat kemasan produk, teknik membuat foto produk serta pelatihan membuat konten dan promosi melalui media sosial.
Penyuluhan dan pelatihan tersebut sangat penting untuk membekali Ibu-Ibu PKK yang telah mendapatkan pelatihan pembuatan produk fungsional berbahan jahe agar tidak hanya berhenti sampai memproduksi permen jahe, sirup jahe, stik jahe dan teh jahe, tapi juga bisa memasarkan produk tersebut. Dengan memiliki pemahaman yang baik tentang pemasaran, proses kegiatan pemasaran dan pemasaran secara digital diharapkan Ibu Ibu PKK bisa mendapat manfaat ekonomi dari kegiatan tersebut. – kempalan.com